Artiseni

Abdullah Suriosubroto Si Pelukis Mooi Indie

Abdullah Suriosubroto adalah pelukis kelahiran tahun 1878 di Kota Semarang. Beliau adalah anak dari tokoh pergerakan nasional yakni Dr. Wahidin Sudirohusodo. Awalnya Abdullah menimba ilmu kedokteran namun banting stir menjadi seorang pelukis pada abad 20.

Potret diri Abdullah Suriosubroto/Sumber:website bahasa.foresteract. com

Kecintaannya terhadap pemandangan membuatnya masuk dalam kategori pelukis “Mooi Indie”.

Apa itu aliran “Mooi Indie”?  Aliran ini bisa disebut juga sebagai Hindia Indah dengan hasil karya berupa pemandangan alam yang dipandang dari kejauhan dan memberi kesan romantik.

Salah satu karya Abdullah Suriosubroto yang berjudul “Hamparan Sawah”/Sumber:

Karya-karya dari Abdullah Suriosubroto tak lepas dari kemolekan negeri. Indahnya suasana pedesaan, ombak di pantai, gunung berapi, air terjun dan persawahan tergambar apik pada kanvas yang melukiskan betapa memesonanya alam Indonesia.

Tidak hanya berhenti pada dirinya, anak dari Abdullah pun ternyata juga mewarisi bakat melukis yang juga kita kenal yaitu Basuki Abdullah si pelukis yang terkenal sebagai pelukis wajah Ratu Belanda Juliana.

Si pelukis terkenal Indonesia ini memilih menghabiskan harinya di Solo, Bandung dan Yogyakarta. Abdullah lebih memilih hidup di Bandung dan berpengaruh terhadap gaya untuk pelukis sesudahnya. Bukan tanpa alasan, hal ini ia lakukan agar dekat dengan pemandangan alam, hingga akhirnya menetap di Yogyakarta hingga tutup usia. (Chrisan Tiyansa)

Referensi:

https://notepam.com/pelukis-terkenal-indonesia/

http://archive.ivaa-online.org/pelakuseni/abdullah-suriosubroto-1

Nada Pertiwi

Nada Pertiwi

Part of Artiseni. Sangat tertarik pada bidang jurnalistik, penyiaran, hiburan, fotografi, dan musik kpop.

Topics

Recent posts

Ads Widget side bar samping

Follow us

Kami sangat senang jika berkesempatan berdiskusi dengan anda, maka maka jangan sungkan untuk mengikuti kami

Most discussed

Advertisement

  • iklan.jpg
id Indonesian
X