Artiseni

Avatar (2009)

Cloud Hosting Indonesia

Film tentang mahluk biru yang berusaha mempertahankan dunianya dari kerusakan cukup menyita perhatian dunia pada 2009. James Cameron selaku sutradara sukses membuat film tersebut meraih box office dan masuk ke dalam salah satu film terlaris sepanjang masa.

Poster film Avatar (2009) karya James Cameron

Lewat film, sang sutradara membawa penonton ke dalam impian masa kecilnya tentang dunia. James Cameron banyak membuat film bertema Sci-fi yang sukses di pasaran, salah satunya Titanic (1997) dan sekuel Terminator (1984,1991,2003,2009,2015).

Avatar (2009) bercerita tentang Jake Sully (Sam Worthington), mantan marinir yang kehilangan dua kakinya dalam medan perang, harus menggantikan saudaranya dalam misi pencarian Unobtanium di planet Pandora. Dalam menjalankan misi di Pandora para peneliti diberikan tubuh artifisial yang menggunakan DNA suku Na’vi (penduduk asli) dan DNA manusia yang sudah direkayasa. Jake lalu bertemu dengan Neytiri (Zoe Saldana) penduduk lokal yang mendapat pengelihatan dari Dewa tentang tujuan Jake.

Singkat jalan cerita, Jake menjadi jatuh cinta dengan kehidupan penduduk Pandora dan berusaha mempertahankan dunia itu dari keserakahan manusia yang mencari Unobtanium. Akhirnya suku Na’vi berhasil mengusir manusia dan mempertahankan alam Pandora agar tidak dihancurkan oleh manusia.

Berdasarkan keterangan dalam situs IMDB, film Avatar berhasil memenangkan tiga Piala Oscar dalam kategori Best Cinematography, Best Visual effect, Best Art Direction. Serta memenangkan 86 dari 130 nominasi penghargaan film, seperti Golden Globe dan American Society of Cinematographer. Film ini juga sukses meraih pendapatan mencapai dua miliar lebih (dalam mata uang dollar) selama masa pemutarannya di bioskop.

Banyak yang memuji grafik film ini. Proses pengerjaan yang lebih dari satu setengah tahun untuk grafiknya saja menggambarkan betapa seriusnya James Cameron dan tim dalam menggarap film bertema Sci-fi ini. Selain itu berdasarkan keterangan dari James Cameron sendiri, film ini banyak terinspirasi dari budaya dan agama Hindu. Film yang cukup menarik untuk ditonton, dengan alur cerita, grafis dan eksekusi aktor yang sungguh baik.

Berdasarkan keterangan James cameron pula, sekuel kedua film Avatar akan dirilis pada 16 Desember 2022, Avatar 3 pada 24 Desember 2024, dan dua sekuel setelahnya pada 2026 dan 2028. Mari kita tunggu hasil kerja keras James Cameron untuk film ini, semoga hasilnya bisa lebih baik dari film pertamanya.

Penulis: Bima Christanto

Penyunting: Nada Pertiwi

Admin-Art

Admin-Art

Arsip

Follow us

Kami sangat senang jika berkesempatan berdiskusi dengan anda, maka maka jangan sungkan untuk mengikuti kami

Advertisement

id Indonesian
X