Artiseni

Dibalik Tarian Tradisional: Jaipongan

Oleh: Hedwige Gevelyne Arsietha

Siapa yang tidak pernah mendengar Tari Jaipong?

Tari Jaipong adalah satu kesenian tradisional asal Jawa Barat yang menampilkan penggabungan dari beberapa seni tradisional seperti silat, wayang golek, ketuk tilu dan lain sebagainnya.

Awal mula tarian Jaipong dalam catatan sejarah kesenian Indonesia diciptakan oleh Gugum Gumbira yang merupakan seorang seniman dari Sunda. Beliau menaruh perhatian pada kesenian rakyat seperti Tari Pergaulan Ketuk Tilu yang pada saat itu menjadi nama awal dari Tari Jaipong. Pun kehadiran Tari Jaipong merupakan perkembangan dari Tari Ketuk Tilu sendiri.

Penampilan Tari Jaipong yang biasanya ditampilkan pada berbagai acara seperti penyambutan tamu besar ataupun Festival Budaya.

Tari Jaipongan/nurfasta.com

Awal kemunculan dari Tari Jaipong sempat menjadi perbincangan hangat karena gerakan-gerakan yang ditampilkan dianggap vulgar dan erotis. Namun, karena hal ini Tarian Jaipong mendapat banyak perhatian dari media. Salah satunya pada tahun 1980, media besar TVRI Stasiun Pusat Jakarta turut menayangkan penampilan dari Tarian Jaipong. Sejak saat itu Tari Jaipong menjadi sangat populer dan ditambah frekuensi pementasan yang meningkat.

Gerakan dalam tarian Jaipong secara umum menggambarkan wanita Sunda pada saat ini yang energik dan tidak pantang menyerah. Ditambah dengan sifat yang ramah, genit, lincah, mandiri, berani, bertanggung jawab namun masih memberikan kesan yang santun. Semua hal tersebut tanpa sadar mengubah stereotip lama terhadap wanita sunda yang dianggap memiliki wajah cantik namun malas.

Paras cantik serta lekukan tubuh yang indah merupakan aset dan menjadi daya tarik yang akan selalu ditonjolkan para penari Jaipong. Dari sini dapat menyiratkan pesan bahwa di balik keanggunan serta kelembuatan wanita-wanita Sunda. Ditambah keinginan guna menjadi diri sendiri tanpa terhambat oleh sudut pandang orang. Tarian Jaipong juga menyiratkan bahwa seorang perempuan tidak selalu dinilai hanya dari luar berdasarkan suatu stereotip budaya lama yang sudah sangat melekat dengan Bangsa Indonesia.

Keunikan tari jaipong yang sangat menonjol adalah gerakan tarian yang sangat energik ditambah dengan kostum yang sangat mencolok. Pertunjukan tarian Jaipong yang ditunjukan atau ditampilkan pastinya selalu memberikan pertunjukan yang sama sekali tidak membosankan untuk ditonton. Walaupun merupakan sebuah pertunjukan tari tradisional, Tari Jaipong tetap digemari oleh hampir semua kalangan usia.

Referensi:

https://pengajar.co.id/tari-jaipong/\https://nurfasta.com/tari-jaipong/

Penyunting:

Nada Pertiwi

Admin-Art

Admin-Art

Follow us

Kami sangat senang jika berkesempatan berdiskusi dengan anda, maka maka jangan sungkan untuk mengikuti kami

Advertisement

  • iklan.jpg
id Indonesian
X