Artiseni

Hades Fading: Saat Lighting Tidak Sekadar Fade In Fade Out

Dalam pertunjukkan atau pameran, lighting atau lampu berperan sebagai pencahayaan atau penunjang latar cerita. Lighting menyorot aktor di panggung. Lighting berwarna menentukan suasana atau waktu, seperti merah berarti marah. Perkembangan teknologi membuat lighting berfungsi lebih dari itu. Lighting berkembang jadi unsur artistik utama dalam pertunjukkan.

Teater kolaborasi antara Mainteater Bandung dan Melbourne berjudul Hades Fading membuktikan itu. Hades Fading menceritakan mitologi Yunani Kuno pasca apokaliptik yang berkutat di kehidupan Hades. Teater yang terlaksana di NuArt Sculpture Park Bandung pada 28-30 Agustus 2019 ini menggunakan lighting sebagai kunci utama artistik. Deden Bulqini selaku Penata Artistik dan kawan-kawan menciptakan lapisan dimensi surealis pada Amphiteater NuArt dengan sentuhan video mapping 4D.

Pertunjukan video mapping dalam Hades Fading, Kamis 29 Agustus 2019 di NuArt Sculpture Park Bandung/Sumber:tangkapan layar instagram mainteater)

Layar-layar tipis berdiri sedemikian rupa di panggung kemudian disorot lewat proyektor. Hasilnya? Luar biasa. Penonton disuguhkan perpaduan aktor profesional dan video mapping menakjubkan yang mendukung cerita. Tidak jarang penonton berdecak kagum atau bahkan sibuk menganalisis pengerjaan di balik layar Hades Fading.

Sebagai pertunjukan kolaborasi yang juga tampil di Melbourne, penonton Hades Fading tidak sebatas warga Indonesia. Disinilah video mapping punya kegunaan tambahan. Aktor tetap berakting dengan bahasa Indonesia, tapi video mapping menampilkan kata-kata berbahasa Inggris. Posisi sulih teks pun diatur dengan estetika, bukan hanya seperti teks dalam film.

Video mapping dalam pertunjukan di Indonesia bukan hal baru, namun masih terbatas. Selain Hades Fading, Tim Sembilan Matahari asal Bandung kerap menggunakan video mapping dalam pameran atau pertunjukkan di bangunan ikon Indonesia. Terakhir, mereka mengadakan pameran bertajuk Kala Kini Nanti di Paris Van Java Bandung. Sayangnya, harga pertunjukan video mapping lumayan kisaran Rp50.000,-. Semoga teknologi video mapping terus berkembang tidak sebatas ada di kota besar dan lebih mudah dinikmati masyarakat.

Lighting bukan hanya cahaya pendukung yang menerangi aktor atau benda pameran. Lighting jugalah pemeran utama dalam sebuah pertunjukan.

Referensi:

Pertunjukan Hades Fading (Hades Memudar), Kamis 29 Agustus 2019, NuArt Sculpture Park Bandung

https://instagram.com/mainteater

https://instagram.com/kala.kini.nanti

Penulis: Erwina Rachmi

Penyunting: Nada Pertiwi

Admin-Art

Admin-Art

Follow us

Kami sangat senang jika berkesempatan berdiskusi dengan anda, maka maka jangan sungkan untuk mengikuti kami

Advertisement

  • iklan.jpg
Kunjungi Chanel Youtube Artiseni
27 Karya Peserta Lomba Membaca Puisi Kontemporer telah di Upload
id Indonesian
X