Artiseni
Dokumentasi Jagat Bubrah

JAGAT BUBRAH: KISAH TATANAN DUNIA YANG TERKOYAK OLEH TEKNOLOGI

Jagat Bubrah merupakan puncak dari acara Youthworkarta yang diagendakan oleh Artiseni Production. Acara ini diselenggarakan di Hotel The Rich Yogyakarta pada Sabtu, 5 Desember 2020 kemarin.

Sebelumnya, Artiseni Production telah menyelenggarakan tiga agenda acara dari Youthworkarta yaitu “Webinar Puisi Alam-Alam Puisi: Membedah Alam dalam Isi Tubuh Puisi”, “Lomba Membaca Puisi Kontemporer Kata Mata Bertemakan Sajak-Sajak Alam”, serta “Malam Nonton Sastra (MANTRA)”.

Untuk acara Jagat Bubrah, acara ini menampilkan Semendelic sebagai bintang utama. Ada juga penampilan artist lain seperti Titarubi, Benk Riyadi, Bargas Tanjung Iswara, dan Adila As Shahidah.

Penampilan Semendelic/Foto:Artiseni

Acara ini sendiri bertujuan untuk menyuguhkan pikiran tentang Jagat Bubrah. Jaka Prasetya, vokalis sekaligus gitaris Semendelic mengungkapkan bahwa mereka telah melakukan persiapan selama satu bulan menjelang hari H. Terkait dengan tema acara ini, menurutnya, perilaku manusia telah mengalami pergeseran akibat teknologi seperti kurangnya sopan santun, rusaknya norma manusia, serta tergerusnya nilai-nilai adiluhung.

“Pastinya untuk Jagat Bubrah tujuannya untuk amal ya sebenarnya. Pertanian dan perikanan. Terus, Jagat Bubrah sendiri temanya itu menyuguhkan buah pikiran dari Artiseni tentang sekarang. Istilahnya sistem atau perilaku manusia atau apa pun itu sudah ada pergeseran dari sopan santun mulai berkurang. Teknologi juga. Dia bermanfaat, tapi banyak merusak norma manusia. Manfaatnya pasti. Teknologi pasti. Tapi, malah membuat manusia semakin apa ya istilahnya? Ada-ada terus hilang gitu kayak menggerus nilai-nilai yang sudah adiluhung. Nggak ada tegur sapa. Main handphone umpamanya gitu. Misinya udah berkurang gara-gara dia udah modern. Nggak ada filter sebenarnya. Konsumsi sendiri. Yah, sekarang kan banyak tergantung. Jagat Bubrah yang kita pahami seperti itu,” tutur Jaka.

Penampilan Bargas Tanjung/Foto:Artiseni
Penampilan Benk RIyadi/Foto:Artiseni
Penampilan Semendelic/Foto:Artiseni

Melalui acara ini, masyarakat diharapkan mampu menyelaraskan diri dengan alam sebagai salah satu cara untuk menikmati kehidupan yang lebih bijak dan menjadi lebih sederhana. Tidak hanya itu, penggalangan dana yang telah dilakukan dalam setiap agenda acara Youthworkarta nantinya akan disalurkan kepada para petani dan peternak ikan yang terdampak pandemi.

Penulis: Radixa Meta

Penyunting: Nada Pertiwi

Admin-Art

Admin-Art

Follow us

Kami sangat senang jika berkesempatan berdiskusi dengan anda, maka maka jangan sungkan untuk mengikuti kami

Advertisement

  • iklan.jpg
id Indonesian
X