Artiseni
Cloud Hosting Indonesia

Keintiman

Biarkan ini menjadi milik kita,

Dari kita,

Untuk kita,

Dan hanya kita

Biarkan kemesraan ini

Menjadi milik kita

Terbagi antar kita

Dan hanya tentang kita

Kau cahaya,

Kau api hatiku,

Kau harapan,

Kau renjana

Kau tak terbuat dari semen,

Kau tak beratap,

Kau juga tak berpintu,

Tapi aku tau kau rumah

Erat genggamanmu,

Hangat pelukmu,

Tenangnya jiwamu,

Biar hanya menjadi milik kita

Puisi ini lahir dari keresehan pengarang mengenai pertanyaan banyak orang terkait bagaimana saya menjalankan perintah keagamaan.

Hal tersebut memunculkan beberapa celetukan seperti “kok kamu gak pernah ibadah?”, “kok kamu gak pernah upload story dengerin lagu rohani?”, “kamu tau gak ayat ini yang menjelaskan tentang …”, dan pertanyaan-pertanyaan lain mengenai hubungan pengarang dengan penciptanya.

Bagi saya, hubungan manusia dengan penciptanya bukanlah hal yang harus diperlihatkan oleh banyak orang; juga bukanlah hal yang harus dinilai oleh banyak orang; beriman juga bukan tentang seberapa banyak kita mengetahui atau hapal banyak tentang apa yang tertulis di kitab ajaran agama kita masing-masing, bagi saya kepintaran bukanlah kunci dari beriman; kedekatan, kemesraan, dan banyak hal lain yang selamanya tidak harus kita beritakan lewat sosial media.

Bagi saya, beribadah adalah waktu “me time” sekaligus privacy bagi seseorang. Pengarang merasa bahwa makna beribadah akan berbeda saat manusia hanya mencari pengakuan bahwa kita adalah umat beragama yang taat.

Tulisan ini bukanlah suatu sindiran bagi pihak manapun, apabila pembaca merasa nyaman dengan menunjukkan hubungan kalian dengan pencipta maka lakukanlah, tapi bukan berarti kita berhak untuk menghakimi orang lain yang tidak melakukan hal yang sama dengan kita.

Dan juga, jangan pernah takut terlihat berbeda dari apa yang ada pada umumnya; berbeda itu istimewa; dan hargai keputusan orang lain, maka orang lain juga akan menghargai keputusanmu.

Pengarang: Catherine Lawinata

Penyunting: Nada Pertiwi

Admin-Art

Admin-Art

Arsip

Follow us

Kami sangat senang jika berkesempatan berdiskusi dengan anda, maka maka jangan sungkan untuk mengikuti kami

Advertisement

id Indonesian
X