Artiseni
Cloud Hosting Indonesia

Keunikan Tari Sekura Khas Lampung

Oleh: M. Failasuf Ramadhan

Aksi pertunjukan Tari Sekura khas daerah Lampung/pesona.travel

Lampung merupakan salah satu provinsi Indonesia yang terletak di pulau Sumatera
bagian paling selatan dengan ibukota Bandar Lampung. Lampung memiliki potensi alam yang sangat beragam. Selain sumber daya alam yang begitu melimpah, Lampung memiliki potensi kekayaan laut yang besar.

Hal ini dikarenakan letaknya yang berbatasan langsung dengan lautan. Selain kekayaan
alam yang melimpah, Lampung juga dikenal memiliki kekayaan akan budaya yang tidak kalah indah bila dibandingkan dengan provinsi-provinsi lain di Indonesia. Salah satunya ialah Tari Sekura.

Tarian khas Provinsi Lampung ini, disebut Sekura yang artinya “topeng”. Hal ini
bertujuan sebagai media penggambaran berbagai sifat atau ekspresi yang ada di bumi. Sehingga, semua penari yang akan ikut serta harus menutup seluruh wajahnya. Tarian ini diperkirakan sudah terbentuk pada abad ke 9 Masehi sebagai saksi masuknya agama Islam di Lampung.

Tercatat ada beberapa versi terkait asal usul Tari Sekura Lampung, salah satunya ialah
versi Lilia Aftika. Menurut Lilia Aftika, ada 2 versi yang menjadi asal-usul tari Sekura. Pertama, pada zaman Hindu. Mereka memakai topeng sebagai bentuk jelmaan dari orang yang dikutuk oleh dewa karena perbuatan tidak terpuji. Kedua, pada zaman Islam. Adanya pesta Sekura bertujuan guna memperingati Idul Fitri. Namun, Lilia menyatakan bahwa versi kedua lebih bisa diterima kebenarannya dimasyarakat.

Tari Sekura sendiri dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan perbedaan bahan pembuat
topengnya. Ada yang berupa pahatan kayu dan balutan kain. Pertama, Sekura Betik, biasanya penampilannya lucu, bersih, dan bersifat menghibur. Sekaligus menutup wajah menggunakan kain panjang selindang miwang (kain khas Lampung Barat). Kedua, Sekura Kamak, memiliki perawakan kotor dengan memakai topeng dari kayu atau bahan alami lainnya. Bahan-bahan bekas pun bisa dipakai sebagai kostum yang unik.

Dengan adanya Tari Sekura ini menghadirkan daya tarik tersendiri terkait kebudayaan
khas Lampung. Secara tidak langsung, tarian ini menjadi wadah untuk eksistensi topeng sekura. Untuk itu sudah sepatutnya para generasi muda untuk tetap berusaha melestarikan dan mengembangkan semua kebudayaan yang ada.

Referensi:

Ahmad Susantri. 2019. TARI SEKURA SEBAGAI MEDIA PELESTARI TOPENG SEKURA  DARI LIWA LAMPUNG BARAT. Journal.isi.ac.id. Diaksespada 18 Juli 2020.

Penyunting:

Nada Pertiwi

Admin-Art

Admin-Art

Arsip

Follow us

Kami sangat senang jika berkesempatan berdiskusi dengan anda, maka maka jangan sungkan untuk mengikuti kami

Advertisement

id Indonesian
X