Artiseni
Cloud Hosting

Kota Bekasi Juga Punya Seni Tari

Kota Bekasi Juga Punya Seni Tari – Artiseni Production

Oleh: Ega Krisnawati

Tari Samrah Bekasi/jakarta.panduanwisata.id

Kota Bekasi yang umumnya dikenal dengan kota industri, rupanya tetap memiliki kesenian. Sayangnya, karena tergerus jaman kesenian ini nampaknya jarang dikenali oleh penduduknya.

Seni tari asal bekasi yang pertama yakni Wayang Kulit Bekasi. Seni tari Wayang Kulit Bekasi memiliki pola yang hampir sama dengan wayang kulit dari Jawa. Tetapi rupanya wayang kulit ini, lebih banyak mengadopsi budaya Sunda. Keunikan tarian tersebut, karena adanya tokoh yang mirip dengan Cepot dan Udel. Selain itu, peran Begawan Durna pun digambakan dengan cara yang berbeda dengan wajah seperti orang Arab dan memakai topi seperti haji.

Tarian berikutnya adalah Tari Topeng Bekasi. Tarian ini juga ikut mementaskan seni musik, seni peran, serta seni sastra. Tidak hanya itu, tarian ini juga disertai dengan lawakan yang bersumber dari realita kehidupan masyarakat sehari-hari.

Kemudian terdapat pula Tari Kliningan. Tarian ini, dilengkapi dengan lantunan suara juru kawih, atau dikenal juga dengan sinden. Pada Tari Kliningan juga ditampilan tarian khas bernama Tari Japlin.

Selanjutnya Tari Samrah. Kesenian tersebut diiringin dengan iringan musik khas Timur Tengah. Pada tarian tersebut terdapat pula lakon atau teater yang juga diiringi dengan pantun.

Tidak hanya seni tari, Kota Bekasi juga memiliki kesenian lainnya. Kesenian yang jarang terdengar oleh masyarakat moderen antara lain, Calung Delengket, Godot, dan Tajidor Bekasi.

Referensi :

http://www.ayobekasi.com/7-kesenian-tradisional-bekasi//

Penyunting:

Nada Pertiwi

Admin-Art

Admin-Art

Arsip

Follow us

Kami sangat senang jika berkesempatan berdiskusi dengan anda, Maka jangan sungkan untuk mengikuti kami

Advertisement

id Indonesian
X