Artiseni

LORO BLONYO SEBAGAI SIMBOL KEMAKMURAN DAN KETURUNAN

Oleh : Destty Yohana Sari

Patung Loro Blonyo/indonesia.go.id

Patung Loro Blonyo diproduksi sebagai usaha kerajinan rakyat di Wonogiri, tepatnya di kecamatan Purwantoro yaitu UD. Cantik milik Bapak Wakiman di Dusun Kopen Desa Kenteng.

Produk Bapak Wakiman tersebut telah mencapai pasar luar kota Wonogiri dan mampu bertahan di pasaran hingga saat ini. Hal ini dikarenakan UD. Cantik memiliki cara tersendiri dalam mengolah produknya agar tetap diminati oleh masyarakat.

Loro Blonyo merupakan bahasa Jawa yang berarti “Loro” ialah dua dan “Blonyo” berarti berhias. Patung Loro Blonyo melambangkan keharmonisan hubungan manusia yang digambarkan sebagai pasangan pengantin lelaki dan perempuan. Ada beberapa orang yang memberikan makna sebagai lambang kemakmuran.

Awal mula dikenalnya patung Loro Blonyo di Desa Kopen Kenteng berawal dari seorang kolektor barang antik yang juga seorang perajin bernama Sono Karto. Selain itu karakteristik bentuk patung Loro Blonyo berbeda dengan yang lain karena terdapat tekstur retak pada permukaan patung dan terbuat dari kayu utuh dan tidak terdapat unsur tempel pada bagian-bagian tubuh sehingga lebih awet dari pada patung yang lain.

Pada gambar diatas, patung wanitanya di simbolisasi dari Dewi Sri atau disebut Dewi Kesuburan, sedangkan patung lelakinya adalah simbolisasi dari Dewa Wisnu. Keduanya dipertemukan dan menjadi sebuah pasangan yang telah lama dipuja oleh masyarakat Jawa dan Bali pada masa pra-Hindu dan pra-Islam.

Patung Loro Blonyo diletakan di dalam rumah sebagai interior ruangan/goodnewsfromindonesia.id

Dalam sejarah,patung Loro Blonyo berkaitan erat dengan kultur dan budaya karena hanya kaum priyayi etnis Jawa yang memilikinya. Biasanya patung Loro Blonyo diletakkan di bagian rumah tengah, bagian yang dianggap sebagai wilayah pribadi suami dan istri.

Saat ini dalam perkembangan zaman, patung Loro Blonyo masih hadir di rumah-rumah masyarakat Jawa di zaman modern ini. Biasanya pemilik rumah menempatkan patung Loro Blonyo di ruang tamu atau ruang keluarga sebagai aksesoris interior ruangan.

Lalu mengapa patung Loro Blonyo dianggap sebagai simbol kemakmuran? Karena Masyarakat dahulu percaya jika meletakkan Loro Blonyo di dalam rumah dapat memberikan pengaruh positif terhadap keluarga mereka, agar keharmonisan rumah tangga tetap terjaga.

 Saat ini masyarakat rata-rata menggunakan patung Loro Blonyo sebagai souvenir pernikahan atau biasa digunakan sebagai barang koleksi dan dekorasi ruangan.

Seiring berjalannya waktu, patung Loro Blonyo terus berkembang hingga sampai sekarang perkembangan seni rupa kontemporer patung ini pun mengalami perubahan bentuk, seperti jika dulu patung Loro Blonyo dibuat dalam posisi duduk, sekarang patung Loro Blonyo dibuat dalam posisi berdiri serta ada tambahan aksesoris lainnya.

Selain itu, patung Loro Blonyo tidak hanya disukai dan dinikmati oleh masyarakat saja, tetapi juga disukai oleh mancanegara. Banyak turis yang berbondong-bondong mengkoleksi patung Loro Blonyo ini.

Referensi:

https://indonesia.go.id/ragam/seni/seni/loro-blonyo-simbol-kemakmuran-dan-keturunan#:~:text=Bagian%20ini%20dianggap%20sebagai%20wilayah,di%20zaman%20modern%20saat%20ini.

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2019/07/30/loro-blonyo-patung-ikonik-pernikahan

http://mimpiadalahnyata.blogspot.com/p/loro-blonyo.html

Penyunting:

Nada Pertiwi

Admin-Art

Admin-Art

Topics

Recent posts

Ads Widget side bar samping

Follow us

Kami sangat senang jika berkesempatan berdiskusi dengan anda, maka maka jangan sungkan untuk mengikuti kami

Most discussed

Advertisement

  • iklan.jpg
id Indonesian
X