Artiseni

Otis Rush: Balada Blues Sang Legendaris

Well, I can’t quit you baby
But I got to put you down a little while
Well, you know, I can’t quit you baby

Apakah kalian asing dengan penggalan lirik di atas? Bagi pecinta musik blues harusnya sudah tidak asing lagi dengan lirik ini, lirik lagu blues yang melegenda dan sangat hits pada jamannya. “ I Can’t Quit You Baby” adalah salah satu lagu bues yang masuk pada jajaran sejarah musik blues dunia.

Blues bisa dibilang adalah genre yang paling berpengaruh terhadap dunia musik dan perkembangannya dari waktu ke waktu. Tidak dapat dipungkiri pula bahwa blues memelopori era rock modern karena bermain gitar blues rock sangat berpengaruh dalam pembentukan instrumentasi band rock.

Lahir di Delta Mississippi, blues populer di Amerika pada tahun 1920an hingga 1930an. Blues sangat identik dengan Chicago karena Chicago menjadi bagian bersejarah dari budaya musik Amerika.

“I Can’t Quit You Baby” ditulis oleh penulis lagu blues legendaris, Willie Dixon dan balada blues ini dimainkan oleh Otis Rush. Siapakah Otis Rush?

Otis Rush/tredboblues.com

Otis Rush merupakan musisi blues kelahiran Philadelphia, 29 April 1934. Lagu-lagunya sangat banyak, namun yang terbaik sepanjang masa adalah lagu “I Can’t Quit You Baby” ini. Sejarawan blues, Gerard Herzhaft mengidentifikasi “I Can’t Quit You Baby” merupakan standar blues yang telah diliput oleh berbagai seniman hebat seperti Gary Moore, Led Zeppelin dan Eric Clapton. Lagu ini hits di awal tahun 1960an dan berhasil bertengger di peringkat 6 Billboard. Single asli Rush ini dianugerahi ke dalam Blues Foundation Hall of Fame pada tahun 1994.

Pada tahun 1965, Rush pernah mengalami demam saat sesi rekaman untuk Vanguard namun hal ini malah menghasilkan versi terbaik dari “I Can’t Quit You Baby”. Walaupun kondisinya buruk, dia tetap totalitas.

Hal ini menjadi tonggak sejarah dalam musik Amerika, kesuksesan awal Otis Rush berkarier di Chicago. Padahal, pada awalnya label-label besar Amerika tidak tahu bagaimana cara untuk menaikkan popularitasnya.

Setelah terjadi ledakan lagu “I Can’t Quit You Baby” ini, nama Otis Rush semakin dikenal dan menjalani banyak tour. Namun pada tahun 2003, sangat disayangkan pertunjukannya sudah tidak bisa disaksikan karena Rush mengalami stroke hingga akhirnya pada 29 September 2018 Otis Rush tutup usia.

Referensi:

https://www.nytimes.com/interactive/2018/12/27/magazine/lives-they-lived-otis-rush.html

Penulis: Chrisan Tiyansa

Penyunting: Nada Pertiwi

Admin-Art

Admin-Art

Arsip

Follow us

Kami sangat senang jika berkesempatan berdiskusi dengan anda, Maka jangan sungkan untuk mengikuti kami

Advertisement

id Indonesian
X