Artiseni
peserta lomba membaca puisi katamata competition 2021

PENGUMUMAN PEMENANG KATAMATA COMPETITION 2021

“ SAJAK – SAJAK PADAMU NEGERI ”

Katamata competition 2021 yang diselenggarakan oleh Artiseni yang diikuti oleh 27 peserta dari berbagai daerah seperti jawa tengah, jawa timur, jawa barat, Bali, Sumatra serta Kalimantan telah berakhir. kompetisi yang berlangsung selama hampir satu bulan dari posting video puisi para peserta di channel Youtube Artiseni kemudian proses penjurian hingga tiba pada saatnya pengumuman pemenang Katamata Competition 2021.

Lilis Maesaroh pemenang Juara 1 lomba membaca puisi Katamata Competitin 2021

Pengumuman katamata competition 2021 diselenggarakan pada tanggal 2 juli 2021 di media Zoom. Acara pengumuman ini dipandu oleh Rahma dan membuka acara sebagai pertanda acara sudah dimulai dan   tidak hanya berisi pengumuman para pemenang tetapi para peserta serta suporter disuguhi pertunjukan dari Artiseni yang berjudul 1… 2 dan beberapa bait perasaanku padamu. pertunjukan teater sinematik ini cukup memberikan hiburan yang menarik dari peran yang dimainkan oleh dua actor, pertunjukan dua puluh menit mampu menyeret penonton ke dalam pengalaman imajinasi. 

Pertunjukan teater sinematik disutradarai oleh A krisnantoro dan dimainkan oleh Syaiful Ramadhani sebagai Ipul dan Lufita Firdausi sebagai Mbak. Dengan latar seperti ruang tempat jemuran pakaian dengan banyak mainan anak – anak berserakan. dua aktor memainkan perannya dari satu adegan ke adegan yang lain dengan mulus dan menawarkan banyak kejutan dalam setiap adegan, penonton diajak untuk memikirkan apa yang terjadi selanjutnya dan berpikir ruang, peristiwa apa yang terjadi. Pertunjukan berlangsung selama 20 menit dan seperti tanpa terasa tiba – tiba selesai. 

Naufal Dhiya Ulhaq pemenang Juara 2 lomba membaca puisi Katamata Competitin 2021

Pertunjukan selesai maka acara utama dimulai dari MC yang memandu acara mulai mempersilahkan dewan juri untuk memberikan statement terkait dengan performance pembacaan puisi 27 peserta. Di mulai dari pernyataan DR Yoseph Yapi Taum M.Hum dan membuka dengan menyampaikan kepada seluruh peserta

yang telah memberikan karya yang terbaik dan layak mendapatkan penghargaan yang tinggi karena karya itu dikerjakan dengan serius baik dikerjakan secara individual maupun dalam team kecil dan bagi Dr Yoseph video pembacaan puisi yang dipublikasikan di channel youtube Artiseni merupakan sebuah model pembacaan puisi yang baik untuk Indonesia. 

Akbar Juliana pemenang juara 3lomba membaca puisi Katamata Competitin 2021

Selanjutnya dalam pernyataan kedua Dr yoseph baru pertama kalinya melakukan penjurian pembacaan puisi secara virtual yang sudah berpengalaman dalam penjurian pada proses luar jaringan atau offline dan beliau menyampaikan bahwa sempat mencari referensi dan menemukan buku digital performance art karya Steve Dixon dan menurutnya ada dua hal yang digabungkan dalam proses penilaian terhadap pembacaan puisi tersebut yaitu aspek cardio dan aspek visual  dan ada 3 klasifikasi model pembacaan yang pertama puisi dibacakan di ruang tertutup yang mengandalkan vocal, mimic dan gesture yang kedua puisi dibacakan di ruang terbuka dengan latar belakang alam yang sesuai dengan tema puisi dan yang ketiga peserta yang membaca dengan seni pertunjukan sehingga video itu sangat teatrikal dan sangat menarik dan hal ini yang menyebabkan perbedaan sudut pandang dan referensi juri untuk memberikan penilaian. 

Lidwina ika pemenang favorit lomba membaca puisi Katamata Competitin 2021

Pada pernyataan ketiga Dr Yoseph menyampaikan apresiasi kepada Artiseni yang telah menyelenggarakan acara ini dengan tema Sajak- sajak padamu negeri yang sangat menarik di tengah situasi disharmoni di negeri ini, ancaman dari kebhinekaan Indonesia, dengan tema itu seolah-olah memberikan semacam warning untuk tetap memegang persatuan dan kesatuan Indonesia. Sayangnya Dr Yoseph harus pamit dari ruang virtual karena ada agenda yang mendesak untuk diselesaikan padahal berharap akan terjadi pembicaraan yang lebih mendalam terhadap juri-juri yang lainnya. 

Sayyid Muhammad Habil pemenang favorit lomba membaca puisi Katamata Competitin 2021

Di pernyatan dewan juri kedua yaitu  Joko Santoso, S.S, M.A menyampaikan apresiasi kepada Artiseni karena di tengah situasi pandemic yang serba sulit karena terjadinya pembatasan masih menyelenggarakan ruang kreasi lalu beliau juga menyampaikan bahwa dari pengamatan melihat video peserta yang bisa ditonton

beberapa kali untuk proses penilaian, beliau menemukan bahwa ada kelemahan di video peserta da nada kekuatannya juga. kelemahan dari video para peserta terkait dengan pembacaan puisi adalah kurangnya motivasi dalam pembacaan yang menyebabkan daya ekspresi, emosi menjadi tidak konsisten sehingga bagi beliau menjadi tidak pas. 

Ni Putu Elvira Indriyani pemenang Viewer terbanyak lomba membaca puisi Katamata Competitin 2021

pada pernyataan Selanjutnya Pak Joko santoso , S.S, M.A menyampaikan tentang bagaimana proses penilaian berlangsung dari proses para juri memberikan rangking masing kepada seluruh peserta Katamata Competition 2021 dan kemudian pada saat pertemuan juri bersama panitia kemudian menentukan sepuluh rangking dari masing – masing juri dan selanjutnya dari sepuluh rangking dipilih nama – nama peserta yang ada di ketiga juri untuk menentukan juara 1, 2, 3 dan favorit. Itu pernyataan pak joko sebagai bentuk laporan untuk diketahui oleh para peserta.

Devinia Puspa pemenang Viewer tebanyak lomba membaca puisi Katamata Competitin 2021

MC memandu kembali acara dan menyampaikan beberapa hal sembari menunggu prof. Dr Faruk Tripoli, S.U. yang belum hadir di ruang virtual. beberapa saat setelah pemutaran video profil Artiseni beserta dengan agenda kegiatannya. Prof. Dr. Faruk Tripoli, S.U. sudah hadir dan segera menyampaikan beberapa hal terkait dasar di dalam proses penjurian para peserta lomba Katamata 2021. Beliau menitik beratkan pada dua hal yang penting untuk  dihargai yaitu pertama tentang pembacaan dengan penghayatan dan vocal yang bagus dan sebenarnya berlaku pada pembacaan daring dan juga berlaku untuk pembacaan puisi yang luring. Kedua penghargaan pada aspek audio visual terkait dengan kreativitas dalam menyajikan tampilan audio visual terkait dengan dekoratif dan teatrikalisasi yang sesuai dengan format pembacaan dan dari dua hal tersebut dapat disimpulkan secara proporsional untuk memberikan penilaian kepada pembacaan puisi yang kuat dalam hal pembacaannya dan kuat di dalam set dekoratif atau teatrikalisasinya.

Sesi acara selanjutnya pengumuman pemenang yang disampaikan oleh para dewan juri, pak Joko santoso, S.S, M.A. menyampaikan dua pemenang sekaligus untuk mewakili Pak Yoseph. Pemenang juara 3 adalah saudara Akbar Juliana dari ciamis, Jawa Barat dengan video pembacaan puisi berjudul Wahai Pemuda Mana Telurmu karya Sutardji Calzoum Bachri dan pemenang juara 2 adalah Naufal Dhiya Ulhaq dari Purwokerto dengan video pembacaan puisi berjudul Jembatan karya Sutardji Calzoum Bachri kemudian prof Dr faruk Tripoli menyampaikan juara 1 yaitu peserta dengan nama Lilis Maesaroh dari Ciamis provinsi jawa barat dengan video pembacaan puisi berjudul  Jembatan karya Sutardji Calzoum Bachri. setelah itu berturut – turut juara favorit dimenangkan oleh Sayyid Muhammad Habil HB dari Kalimantan Timur sebagai juara favorit 2 dengan video pembacaan puisi berjudul Wahai Pemuda Mana Telurmu karya Sutardji Calzoum Bachri dan Maria Lidwina Ika Haryundari dari Batam sebagai juara favorit 1 dengan video pembacaan puisi berjudul Sumpah abadi karya Dewi lestari dan selanjutnya panitia memberikan penghargaan kepada peserta berdasarkan viewer terbanyak sebagai bentuk apresiasi terhadap kerja kreatifnya yaitu dengan viewer terbanyak kedua oleh peserta dengan nama Divinia Puspa Ayu Widodo dengan video pembacaan puisi berjudul Wahai Pemuda Mana Telurmu karya Sutardji Calzoum Bachri dan pemenang viewer terbanyak pertama adalah Ni Putu Elvira Indriyani dari provinsi Bali dengan video pembacaan puisi berjudul Wahai Pemuda Mana Telurmu karya Sutardji Calzoum Bachri  Selamat kepada seluruh pemenang dan bagi yang belum beruntung tidak perlu berkecil hati dan selamat juga karena telah berkarya di situasi yang sulit dan semoga menginspirasi. Salut untuk semuanya.

Untuk Para pemenang diwajibkan mengisi form dibawah ini

Para pemenang berhak mendapatkan hadiah dari panitia yang telah disebutkan oleh MC dan akan diberikan kurang lebih proses 14 hari kerja. dan untuk para teman saudara, sponsor donatur yang telah mendukung terselenggaranya acara ini, yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu,  kami ucapkan banyak terima kasih dan semoga dapat berlanjut pada kesempatan selanjutnya. dan untuk semua pihak yang belum berkesempatan untuk bergabung bersama kami jangan khawatir karena masih ada banyak program yang akan kami tawarkan untuk anda semua sekalian semoga dapat terlibat di program- program kami selanjutnya. Sekali lagi kami haturkan banyak – banyak terima kasih. salam hangat.

Admin-Art

Admin-Art

Follow us

Kami sangat senang jika berkesempatan berdiskusi dengan anda, maka maka jangan sungkan untuk mengikuti kami

Advertisement

  • iklan.jpg
id Indonesian
X