Artiseni
peserta lomba membaca puisi katamata competition 2021
Cloud Hosting Indonesia

PENGUMUMAN PEMENANG KATAMATA COMPETITION 2021

“ SAJAK – SAJAK PADAMU NEGERI ”

Katamata competition 2021 yang diselenggarakan oleh Artiseni yang diikuti oleh 27 peserta dari berbagai daerah seperti jawa tengah, jawa timur, jawa barat, Bali, Sumatra serta Kalimantan telah berakhir. kompetisi yang berlangsung selama hampir satu bulan dari posting video puisi para peserta di channel Youtube Artiseni kemudian proses penjurian hingga tiba pada saatnya pengumuman pemenang Katamata Competition 2021.

Lilis Maesaroh pemenang Juara 1 lomba membaca puisi Katamata Competitin 2021

Pengumuman katamata competition 2021 diselenggarakan pada tanggal 2 juli 2021 di media Zoom. Acara pengumuman ini dipandu oleh Rahma dan membuka acara sebagai pertanda acara sudah dimulai dan   tidak hanya berisi pengumuman para pemenang tetapi para peserta serta suporter disuguhi pertunjukan dari Artiseni yang berjudul 1… 2 dan beberapa bait perasaanku padamu. pertunjukan teater sinematik ini cukup memberikan hiburan yang menarik dari peran yang dimainkan oleh dua actor, pertunjukan dua puluh menit mampu menyeret penonton ke dalam pengalaman imajinasi. 

Pertunjukan teater sinematik disutradarai oleh A krisnantoro dan dimainkan oleh Syaiful Ramadhani sebagai Ipul dan Lufita Firdausi sebagai Mbak. Dengan latar seperti ruang tempat jemuran pakaian dengan banyak mainan anak – anak berserakan. dua aktor memainkan perannya dari satu adegan ke adegan yang lain dengan mulus dan menawarkan banyak kejutan dalam setiap adegan, penonton diajak untuk memikirkan apa yang terjadi selanjutnya dan berpikir ruang, peristiwa apa yang terjadi. Pertunjukan berlangsung selama 20 menit dan seperti tanpa terasa tiba – tiba selesai. 

Naufal Dhiya Ulhaq pemenang Juara 2 lomba membaca puisi Katamata Competitin 2021

Pertunjukan selesai maka acara utama dimulai dari MC yang memandu acara mulai mempersilahkan dewan juri untuk memberikan statement terkait dengan performance pembacaan puisi 27 peserta. Di mulai dari pernyataan DR Yoseph Yapi Taum M.Hum dan membuka dengan menyampaikan kepada seluruh peserta

yang telah memberikan karya yang terbaik dan layak mendapatkan penghargaan yang tinggi karena karya itu dikerjakan dengan serius baik dikerjakan secara individual maupun dalam team kecil dan bagi Dr Yoseph video pembacaan puisi yang dipublikasikan di channel youtube Artiseni merupakan sebuah model pembacaan puisi yang baik untuk Indonesia. 

Akbar Juliana pemenang juara 3lomba membaca puisi Katamata Competitin 2021

Selanjutnya dalam pernyataan kedua Dr yoseph baru pertama kalinya melakukan penjurian pembacaan puisi secara virtual yang sudah berpengalaman dalam penjurian pada proses luar jaringan atau offline dan beliau menyampaikan bahwa sempat mencari referensi dan menemukan buku digital performance art karya Steve Dixon dan menurutnya ada dua hal yang digabungkan dalam proses penilaian terhadap pembacaan puisi tersebut yaitu aspek cardio dan aspek visual  dan ada 3 klasifikasi model pembacaan yang pertama puisi dibacakan di ruang tertutup yang mengandalkan vocal, mimic dan gesture yang kedua puisi dibacakan di ruang terbuka dengan latar belakang alam yang sesuai dengan tema puisi dan yang ketiga peserta yang membaca dengan seni pertunjukan sehingga video itu sangat teatrikal dan sangat menarik dan hal ini yang menyebabkan perbedaan sudut pandang dan referensi juri untuk memberikan penilaian. 

Lidwina ika pemenang favorit lomba membaca puisi Katamata Competitin 2021

Pada pernyataan ketiga Dr Yoseph menyampaikan apresiasi kepada Artiseni yang telah menyelenggarakan acara ini dengan tema Sajak- sajak padamu negeri yang sangat menarik di tengah situasi disharmoni di negeri ini, ancaman dari kebhinekaan Indonesia, dengan tema itu seolah-olah memberikan semacam warning untuk tetap memegang persatuan dan kesatuan Indonesia. Sayangnya Dr Yoseph harus pamit dari ruang virtual karena ada agenda yang mendesak untuk diselesaikan padahal berharap akan terjadi pembicaraan yang lebih mendalam terhadap juri-juri yang lainnya. 

Sayyid Muhammad Habil pemenang favorit lomba membaca puisi Katamata Competitin 2021

Di pernyatan dewan juri kedua yaitu  Joko Santoso, S.S, M.A menyampaikan apresiasi kepada Artiseni karena di tengah situasi pandemic yang serba sulit karena terjadinya pembatasan masih menyelenggarakan ruang kreasi lalu beliau juga menyampaikan bahwa dari pengamatan melihat video peserta yang bisa ditonton

beberapa kali untuk proses penilaian, beliau menemukan bahwa ada kelemahan di video peserta da nada kekuatannya juga. kelemahan dari video para peserta terkait dengan pembacaan puisi adalah kurangnya motivasi dalam pembacaan yang menyebabkan daya ekspresi, emosi menjadi tidak konsisten sehingga bagi beliau menjadi tidak pas. 

Admin-Art

Admin-Art

Arsip

Follow us

Kami sangat senang jika berkesempatan berdiskusi dengan anda, maka maka jangan sungkan untuk mengikuti kami

Advertisement

id Indonesian
X