Artiseni
Cloud Hosting Indonesia

“PUISI ALAM, ALAM PUISI”: MEMBEDAH ALAM DALAM ISI TUBUH PUISI

Liputan: Radixa Meta Utami

YOGYAKARTA- Dalam rangka menyalurkan rasa akan keelokan alam melalui puisi, Artiseni Pro mengadakan Webinar Dapur Art yang bertemakan Puisi Alam, Alam Puisi. Acara ini diselenggarakan di Warung Kopi Coffee Wae pada Rabu (28/10) pukul 19:00-21:00 WIB.

Suasana webinar dihadiri Juwandi Ahmad (tengah), Fitri Merawati (kanan), dan Qadhafi (Kiri)/Foto: Nada Pertiwi

Acara ini menghadirkan Juwandi Ahmad, S. Psi., M. Si., selaku penulis dan dosen Psikologi UMBY sebagai moderator, Prof. Dr. Faruk Tripoli selaku budayawan dan guru besar FIB UGM yang hadir secara daring, Fitri Merawati, S. Pd., M. A., selaku penulis dan dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra UAD, serta Muhammad Qadhafi, M. A., selaku penulis sebagai narasumber.

Untuk peserta webinar sendiri, para peserta hadir baik secara daring melalui aplikasi Zoom maupun secara luring di tempat. Tentunya jumlah peserta yang hadir secara langsung dibatasi agar tidak menciptakan keramaian mengingat keadaan masih di tengah pandemi.

Dalam diskusinya, Faruk Tripoli berpendapat bahwa alam muncul secara alami, sedangkan budaya merupakan hasil campur tangan manusia. Menurutnya, kapitalisme sudah mengubah konsep kebutuhan manusia dan berpendapat bahwa alam yang mati seharusnya dihidupkan kembali.

Sementara itu, Muhamad Qadhafi berpendapat bahwa ketika manusia menjadi pusat di dalam alam semesta maka manusia akan menjadi pihak utama untuk menilai mana yang baik dan mana yang buruk. Begitu juga sebaliknya ketika manusia menjadi pusat maka alam akan menjadi penilai baik dan buruk.

Sedangkan Fitri Merawati berpendapat bahwa alam sedang tidak baik-baik saja. “Manusia melihat alam dari banyak perspektif. Alam adalah misteri sehingga manusia merasa tidak puas terhadap alam. Alam adalah ruang belajar bagi manusia,” ungkap Fitri.

Selama berlangsungnya acara, webinar sempat mengalami sedikit kendala teknis seperti saat ketika Bapak Faruk memberikan materinya tentang alam dalam puisi. Namun, hal tersebut tidak menjadi halangan karena peserta dapat mengikuti pembahasan melalui power point yang ditampilkan.

Admin-Art

Admin-Art

Arsip

Instagram

Error validating access token: The session has been invalidated because the user changed their password or Facebook has changed the session for security reasons.

Follow us

Kami sangat senang jika berkesempatan berdiskusi dengan anda, maka maka jangan sungkan untuk mengikuti kami

Advertisement

id Indonesian
X