Artiseni

Seni Merayakan Kehilangan Bumi

Sawah semakin hilang di negeri agraris, hutan semakin gundul di tempatnya menggerumbul, tanah digantikan rumah, air bersih sulit diraih. Mungkin seperti itulah gambaran kecil dari bumi kita saat ini. Kian hari, pembangunan dan pembabatan terus terjadi tanpa henti.

Bukan, aku bukan merayakan kehilangan bumi dengan pesta besar-besaran seperti yang orang lakukan dengan kata ‘merayakan’. Rasa kecewaku terhadap penguasa yang dengan serakahnya memperlakukan bumi seperti hanya mereka saja yang tinggal di dalamnya adalah awal aku memulai seni merayakan kehilangan bumi.

Kehilangan yang aku rasakan betul-betul bermukim beberapa tahun terakhir, lebih tepatnya saat aku mulai menginjak bangku perkuliahan dan lambat laun mengikuti banyak berita yang berkaitan dengan cara kerja mereka membabat habis tanpa ampun hutan dan apapun yang awalnya terlihat cantik saat aku lihat menggunakan kedua bola mataku. Sekarang? Sudah banyak keindahan bumi yang hanya bisa aku saksikan lewat histori di dunia maya, menyedihkan sekali, menyedihkan sekali.

Admin-Art

Admin-Art

Follow us

Kami sangat senang jika berkesempatan berdiskusi dengan anda, maka maka jangan sungkan untuk mengikuti kami

Advertisement

  • iklan.jpg
Kunjungi Chanel Youtube Artiseni
27 Karya Peserta Lomba Membaca Puisi Kontemporer telah di Upload
id Indonesian
X