Artiseni
i made wianta seorang seniman berasal dari pulau dewata
Cloud Hosting

Siapa I Made Wianta ?

Halo sobat Artfriends! Kalian pasti tidak asing dengan I Made Wianta, ‘kan? Beliau merupakan maestro seni rupa asal Bali yang lebih dikenal sebagai pulau dewata.

Meskipun I Made Wianta sudah lama berpulang, namun kita akan membahas lebih dalam tentang beliau. Simak kisah lengkap I Made Wianta berikut ini!

I Made Wianta lahir di Banjar Apuan, Desa Apuan, Baturiti, Tabanan, Bali pada 20 Desember 1949. Beliau merupakan maestro seni rupa yang terkenal dengan lukisannya yang berpola geometris.

I Made Wianta dikenal sebagai sosok seniman sepanjang masa. Beliau juga merupakan seniman yang dikenal tangguh, teguh, ulet, dan terus bergerak tanpa mengenal lelah dan waktu.

Baca Juga : Legenda Pelukis Mooi Indie

Di masa mudanya, I Made Wianta belajar melukis gaya wayang klasik dari seorang seniman terhebat di Kamasan, Klungkung, Bali. Lukisan karyanya bersifat abstrak yang berhubungan dengan roh dan makhluk halus di Bali dengan corak yang unik dan terbaru.

Lukisan karya I Made Wianta terlihat secara sistematis dengan menggunakan titik- titik kecil warna dengan campuran kontur linier dan permukaan datar. Beliau juga menggabungkan goresan kaligrafi spontan melalui konstruksi geometris buatannya.

Lukisan karya I Made Wianta selalu memberikan kesan etnik Bali dan modern yang bercampuk aduk menjadi satu. Bahkan, lukisannya juga memberikan nuansa kekinian yang mampu menyentuh para penikmatnya.

I Made Wianta pernah mengenyam pendidikan di sebuah sekolah seni rupa di Denpasar. Beliau juga mengenyam penididikan di Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI, sekarang ISI) Yogyakarta.

Selama kuliah, I Made Wianta sempat pergi ke Brussel, Belgia untuk mempelajari seni Eropa, bekerja, dan mengunjungi galeri-galeri di museum kesenian dan kembali ke Indonesia pada 1972. Beliau lulus dari ASRI Yogyakarta pada 1976.

I Made Wianta menikah dengan Intan Kirana yang merupakan cucu dari tokoh pendidikan Ki Hajar Dewantara. Dari pernikahannya, beliau dikaruniai dua orang putri yaitu Buratwangi dan Sanjiwani.

Selama berkarya, I Made Wianta telah menghasilkan 42 buah lukisan. 19 buah lukisan di antaranya telah dipajang di Galeri Seni Rupa Komaneka, Ubud, Gianyar, Bali.

Salah satu lukisan karya I Made Wianta yang terkenal yaitu Mitologi Bali pada tahun 1980. Lukisan karyanya bersuasana arkhaik yang bersumber dari rerajahan.

Baca Juga : Sang Pelukis Jenius Sepanjang Masa

Lukisan karya I Made Wianta telah melanglang buana di seluruh dunia. Lukisan karyanya telah didokumentasikan dalam beberapa buku.

Karya Lukisan dari I Made Wianta
Sumber : http://galeri-nasional.or.id/upload/collection/detail_7WyiwkoNXR

Pertama, buku dokumentasi yang berjudul Made Wianta terbit pada tahun 1990. Kedua, buku dokumentasi yang berjudul Made Wianta : Art and Peace terbit pada tahun 2000. Terkahir, buku dokumentasi yang berjudul Wild Dogs in Bali : The Art of Made Wianta terbit pada tahun 2005.

Pada tahun 2003, I Made Wianta mengikuti pameran internasional di New York, Paris, dan Tokyo. Lukisan karyanya telah dipajang di Venice Art Biennale.

Pada tahun 2004, I Made Wianta juga mengikuti ajang pameran internasional di Bienalle di Venesia. Lukisan karyanya tercermin dari tradisi agraris Bali.

Baca Juga : Kesenian Sakral Dari Kraton Yogyakarta

I Made Wianta juga mendapatkan penghargaan Anugerah Seni Dharma Kusuma dari Pemerintah Daerah Bali serta gelar Most Admired Man of The Decade dari American Biographical Institute di Amerika Serikat.

I Made Wianta menghembuskan nafas terakhirnya di Denpasar, Bali pada 13 November 2020 pukul 14:49 WITA dalam usia 70 tahun karena sakit.

Kepergian I Made Wianta telah memberikan duka yang sangat mendalam di hati para penikmatnya, baik dalam negeri maupun luar negeri, termasuk tanah kelahirannya.

Demikian kisah I Made Wianta kali ini. Nah, bagi sobat Artfriends yang tertarik dengan artikel ini, silakan bagikan, berikan komentar, dan subscribe!

Penulis : Radixa Meta Utami

Penyunting : Budy MK

Admin-Art

Admin-Art

Arsip

Follow us

Kami sangat senang jika berkesempatan berdiskusi dengan anda, Maka jangan sungkan untuk mengikuti kami

Advertisement

id Indonesian
X