Artiseni
Tari Kembang Bekasi : Kesenian yang Tumbuh di Kota Industri
Cloud Hosting Indonesia

Tari Kembang Bekasi : Kesenian yang Tumbuh di Kota Industri

Masyarakat Bekasi secara letak geografis bersebelahan dengan masyarakat Sunda  di Jawa Barat dan masyarakat Betawi di Jakarta. Awalnya, Bekasi didominasi oleh suku Sunda dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Namun seiring berjalannya waktu dengan pesatnya perkembangan tatanan sosial masyarakat seperti proses imigrasi, memiliki dampak unsur-unsur budaya luar yang berkembang di Bekasi. Contohnya adalah budaya Betawi dari DKI Jakarta karena letaknya bersebelahan langsung dengan Bekasi.

Betawi memiliki seni dan budaya yang khas baik dari musik, sastra, teater, dan seni rupa. Dari sisi seni tari ada bermacam-macam jenis tarian yang berkembang seperti Tari Topeng Betawi. Secara tradisi, tarian ini memliki ciri khas dari seni budaya masyarakat Betawi. Dalam perkembangannya, Tari Topeng Betawi mempunyai berbagai macam variasi tari topeng. Salah satunya adalah Tari Topeng Tunggal yang menjadi cikal bakal munculnya Tari Kembang  Bekasi. Tari Topeng Betawi pun terinspirasi pula dari Tari Topeng Cirebon.

Baca Juga : Dibalik Tarian Jaipong

Tiga orang perempuan sedang menari. Sumber: travelinkmagz.com

Tari Topeng Tunggal mempunyai keunikan yaitu dalam pelaksanaan pertunjukannya menggunakan tiga karakter kedok atau topeng yang berbeda seperti panji, samba,dan jingga secara bergantian. Masing-masing karakter juga memiliki perbedaan yang signifikan dalam

gerakan. Tarian ini pun hanya boleh ditarikan oleh penaru perempuan. Seiring berjalannya waktu, tarian ini memiliki perubahan fungsi menjadi sara hiburan atau pertunjukan untuk acara tertentu.

Masyarakat Bekasi termasuk dalam suku Betawi pinggiran atau ora. Sehingga mendapatkan pengaruh besar dalam hal seni dan budayanya. Zaman semakin berkembang, seni dan kebudayaan baru semakin pesat berkembang dengan pengaruh dari kebudayaan luar atau terjadinya proses akulturasi. Seni dan budaya yang tumbuh khususnya dalam seni tari, muncul di wilayah Betawi pinggiran atau ora atau Bekasi salah satunya adalah Tari Kembang Bekasi.

Baca Juga : Tari Nyi Roro Kidul

Tari Kembang Bekasi dijadikan sebagai tarian khas Bekasi. Kesenian baru yang tercipta pada tahun 2010 menjadi salah satu tarian yang muncul di kota industri ini. Tarian ini termasuk dalam tari kreasi baru yang masih satu rumpun dengan Tari Topeng Betawi khususnya Tari Topeng Tunggal. Tari Kembang Bekasi diciptakan oleh Eem Biliyanti yang terinspirasi dari Ronggeng Topeng atau Kembang Topeng dalam pertunjukan Tari Topeng Bekasi.

Admin-Art

Admin-Art

Arsip

Instagram

Error validating access token: The session has been invalidated because the user changed their password or Facebook has changed the session for security reasons.

Follow us

Kami sangat senang jika berkesempatan berdiskusi dengan anda, maka maka jangan sungkan untuk mengikuti kami

Advertisement

id Indonesian
X