Artiseni
Cloud Hosting Indonesia

Transformasi Tari Gaya Semarangan

Oleh: Chrisan Tiyansa

Tari merupakan kebudayaan manusia yang akan selalu berkembang dari masa ke masa. Suatu tarian merupakan cerminan kebudayaan suatu tempat maupun suatu zaman.

Mengamati seni tari menjadi salah satu bentuk apresiasi suatu karya tari dan memahami dari mana, kapan, mengapa, bagaimana, siapa dan hal-hal lain yang terkandung dalam tari tersebut.

Kota Semarang adalah kota yang dijuluki sebagai kota pesisir karena merupakan daerah yang dekat dengan laut. Kota Semarang sering disebut daerah yang multikultur karena masyarakatnya tidak hanya berasal dari Jawa namun banyak ditemui juga etnis lain yang hidup berdampingan.

Tari Semarangan/jateng.tribunnews.com

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, transformasi berarti perubahan rupa termasuk bentuk, sifat, fungsi dan lainnya. Seiring perubahan zaman, seni tari juga mengalami transformasi, terjadi pada Tari Gaya Semarangan. Tari Gaya Semarangan dilihat dari karya-karya yang seiring waktu mengalami perkembangan bentuk ragam gerak dan visual.

Dilihat dari Tari Semarangan, Tari Denok hingga sekarang muncul karya-karya baru seperti Tari Geol Denok, Tari Denok Deblong, Tari Dugderan dan Tari Manggar Mayang. Ditemukan perubahan  pada tari-tari tersebut yakni berupa perkembangan bentuk ragam gerak yang digunakan namun tidak meninggalkan ciri khas pada pola tangan menguncup antara ibu jari dengan jari telunjuk. Selain dalam ragam gerak yang berkembang, dalam pemilihan kostum juga mengalami perubahan yakni nuansa yang lebih penuh warna dan pernak-pernik yang banyak.

Tari Denok/Youtube Nosih Andr, 2013

Tari Semarangan dan Tari Denok menggunakan ragam gerak yang masih sederhana dan menggunakan iringan dari lagu khas Kota Semarang, seperti Lagu Gambang Semarang pada Tari Denok dan Lagu Gado-gado pada Tari Semarangan. Kostum yang digunakan juga masih sederhana berupa kain batik dan juga kebaya, serta pada Tari Semarangan, penari pria menggunakan busana khas Kota Semarang.

Admin-Art

Admin-Art

Arsip

Follow us

Kami sangat senang jika berkesempatan berdiskusi dengan anda, maka maka jangan sungkan untuk mengikuti kami

Advertisement

id Indonesian
X